STANDBY LETTER OF CREDIT (SBLC) SEBAGAI JAMINAN FASILITAS KREDIT


Memenuhi permintaan Saudara perihal tersebut di atas sebagaimana tertuang dalam memo Nomor xxxxx berikut kami sampaikan opini:

Standby Letter Of Credit (SBLC) adalah merupakan suatu bentuk penjaminan dari Bank Penerbit SBLC kepada Beneficiary terhadap kemungkinan terjadinya wanprestasi/default atas diri applicant (pihak yang dijamin/pemohon SBLC). Fungsi SBLC mirip dengan fungsi penjaminan berupa Bank Garansi, namun perbedaannya terletak pada ketentuan yang mendasari penerbitannya. SBLC tunduk pada ketentuan- ketentuan yang tercantum dalam Uniform Custom and Practice for Documentary Credit (UCPDC), International Chamber of Commerce Publication No. 500, sedangkan Bank Garansi tunduk pada ketentuan antara lain Surat Edaran Bank Indonesia. Pada intinya fungsi SBLC tersebut hanyalah sebagai instrument yang bersifat stand by (menjaga akibat yang timbul) dari transaksi yang dilakukan. Selama transaksi berjalan lancar maka SBLC ini tidak akan dicairkan hingga masa berlakunya berakhir.

Lebih lanjut berdasarkan SK DIR BI nomor 26/68/KEP/DIR tanggal 07 September 1993 jo SE BI nomor 26/1/UKU tanggal 07 September 1993 yang menyatakan antara lain : “Agunan tambahan kredit adalah berupa surat berharga atau garansi yang tidak berkaitan langsung dengan obyek yang dibiayai, yang ditambahkan sebagai agunan….dst.” Berdasarkan ketentuan tersebut maka SBLC (yang dalam hal ini dikategorikan sebagai garansi) menurut SK DIR BI tersebut dapat diterima sebagai salah satu bentuk jaminan. Namun SBLC yang diterbitkan wajib mengikuti ketentuan dalam Uniform Custom and Practice for Documentary Credit (UCPDC), International Chamber of Commerce Publication No. 500,   sebagaimana disyaratkan dalam SK DIR BI nomor 23/88/KEP/DIR tanggal  18 Maret 1991 jo SE BI nomor 23/7/UKU tanggal  18 Maret 1991.

Berdasarkan ketentuan-ketentuan yang mendasarinya sebagaimana telah diuraikan di atas maka:

Jaminan berupa SBLC an calon debitur: xxxxxxxxxxxx ,  wajib memenuhi syarat antara lain/minimal:

  • SBLC tunduk pada ketentuan UCPDC yang berlaku
  • Bank Penerbit mendapat otentikasi dan rekomendasi dari internal Bank xxxxx
  • Bersifat “ Un Conditional”
  • Pihak Penerima Jaminan adalah : Bank xxxx
  • Jenis mata uang dapat diterima di Bank xxxxxx
  • Menyebut jumlah/nilai tertentu
  • Jangka waktu LC lebih panjang daripada jangka waktu Fasilitas Kredit
  • Mencantumkan persyaratan yang jelas.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga membantu. Terima kasih.

About bagaskara

seorang Compliance Officer sebuah Bank yang sedang belajar Legal Banking
This entry was posted in hukum jaminan. Bookmark the permalink.

16 Responses to STANDBY LETTER OF CREDIT (SBLC) SEBAGAI JAMINAN FASILITAS KREDIT

  1. Syafrizal says:

    Saya ingin memohon bantuannya tentang ketentuan yg harus saya lakukan bila saya mendapatkan SBLC sebagai jaminan Kredit di Bank Untuk Pembiayaan Pembangunan Pabrik / Industri… Apakah SBLC juga dapat di pakai untuk Jaminan Investasi tersebut.
    Terimakasih.

  2. Saya staf dari PT. CAMINDO, saya ditugaskan oleh bos untuk mencari contoh format/word dari bank mandiri/bni46 apabila perusahaan kami ada SBLC dari negara Cina. Perusahaan kami bergerak dibidang pertambangan batubara. Mohon kiranya dapat balasan. Terima kasih.

  3. BUDI says:

    BISA DIBANTU TERIMA KASIH SAYA PUNYA

  4. ferry Wattimury says:

    Pa kisa armunanto…. saya hanya memberikan info bahwa saya punya ling di bank suasta yang bisa terbitkan creadit line. kamu butuhkan SBLC

  5. ferry Wattimury says:

    Pa kisa armunanto…. saya hanya memberikan info bahwa saya punya ling di bank suasta yang bisa terbitkan creadit line. kamu butuhkan SBLC

    Ralat : maaf yang di maksud : kami butuhkan SBLC. bukan Kamu butuhkan SBLC.

  6. yassk says:

    Selamat pagi,

    Barusaja saya ketemu dengan mantan direktur kredit salah satu bank international terkemuka yg bermarkas di hogkong, beliau menawarka kredit dengan bunga yg fantastis dan angka yg fantastis pula, saya buta masalah bginian dijelasin panjang lebar juga sya mumet krn basic saya memang teknik, syarat dari cairnya pinjaman tersebut hanya satu SBLC senilai 2 juta, maka dia bisa kucurkan kredit ke perusahaan saya sebesar 20 juta, fantastis bukan? Saya hanya diarahkan untuk menciptakan project (apapun itu) collateral dia akan siapkan bersama rekanannya yg ada di jakarta, nah pertanyaan saya apakah ini mungkin? Mendapatkan kredit dari bank luar negeri hanya dengan SBLC dari bank lokal?

    Dari penjelasanya semua terlihat masuk akal, krn saya memang nol besar dalam masalah ini

    Terima kasih..

    • bagaskara says:

      SBLC pada umumnya digunakan untuk menjamin pembayaran transaksi ekport-impor yang menggunakan LC, atau semacam Bank Garansi untuk LC apabila tidak terbayar, tidak semua Bank diluar negeri mau menerima SBLC yang diterbikan Bank Nasional, biasanya mereka memilih bank nasional besar yang bonafid.
      Permohonan SBLC juga tidak sembarangan, Bank akan mengevaluasi dan menganalisa prospek bisnis yang transaksinya dijamin dengan SBLC, sama halnya seperti permohonan kredit bank juga akan meminta agunan dan melakukan survey kelayakan usaha pemohon.
      terkait penawaran yg anda terima, sebaiknya anda berhati-hati dan cobalah mengkonfirmasi/ bertanya langsung ke Bank yang memiliki produk international banking.

  7. Fauzan says:

    Mas Ferry, saya bisa menyiapkan penerbitan SBLC Dr bank nasional, bisa email saya di xxxxxchanrocket@yahoo.com?

  8. ery says:

    ada yang bisa membantu untuk mendapatkan fasilitas Kredit (credit line) ?
    Kebetulan saya ada SBLC yang sudah siap utuk diterbitkan.
    bisa hubungi di secsxxxxxxxid@yahoo.com

  9. Nobel says:

    Pak,
    Mau tanya, apakah memang ada SBLC discounting itu? Seperti apa skemanya ya?
    Terima kasih

  10. khadavi says:

    Sharing info : Saya punya Link yg bisa terbitkan SBLC. Mhon hati-hati krn slama ni bnyak sekali calo yang menawarkan fasilitas kredit dg SBLC dan meminta uang dimuka, kami tdk meminta uang sebelum smuanya deal. Saya punya Link dan jaminan Kolateral jelas. Yang berminat bisa kerjasama, silahkan hubungi 0812 xxxxxxx 0001.

    • asep unang says:

      tolong email ke alamat saya pa !,saya lagi butuh banget SBLC,karena saya punya pembackup dana untuk proyek rumah sakit,sekali lagi saya mohon pa !

  11. collin says:

    saya punya beberapa sblc dan mau minta saran untuk cara mencairkan

Leave a Reply

